Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Senin, 13 Desember 2010

sikembarku peniru ulung

anak kembar kami sekarang umurnya 2,5 tahun kurang dua hari. apa saja yang mereka lihat dan mereka dengar akan ditiru oleh mereka.

beberapa hari yang lalu ada petugas dari dinas kesehatan yang datang ke rumah kami untuk melakukan fogging dbd, mereka dengan antusias melihat petugas yang menyemprotkan gas yang bisa membunuh jentik nyamuk, rumah dipenuhi asap malah sekeling kita gak nampak sama sekali, terus acara semprot menyemprotpun dilanjutkan oleh petugas yang kedua dengan memakai masker, dia menyemprot di sekeliling rumah dan rumah tetangga, malamnya pas anak kami di rumah merekapun memasang aksi kayak petugas kesehatan dengan menutup sebelah tangan ke mulut dan tangan satu lagi seperti memegang alat fogging, brum....brum....aku sama suami terheran-heran ngapain mereka? oh itu mi tadi kan ada petugas fogging. kamipun tersenyum melihat aksi mereka.

lain waktu pas ayam tetangga yang naik ke tembok rumah, aku biasanya bilang aduh ayam bunda dar ni suka kali naik tembok tar dia eek lagi, husy...husy..terus sekarang kalau ada ayam yang naik tembok mereka serta merta bilang umi..umi ada ayam bunda dar, sambil berlari ke teras rumah, husy..husy..aduh ayam bunda dar ni nanti eek dia lagi, katanya.

sikembar juga suka bilang,"abi dah bawa tas ke?"pas lihat abinya pergi kerja biasanya aku yang suka bilang kayak gitu. terus pas mereka nunggu aku yang lagi siap-siap kalau mau pergi, mereka juga bilang "umi dah siap ke?" biasanya suamiku yang bilang kayak gitu.

anak kembar kami juga pernah minta alat pencukur abinya, katanya "umi-umi minta alat cukuran abi". akupun memberikan alat pencukur yang telah diambil pisau siletnya langsung mereka beraksi dengan gaya mencukur kumis, aku tanya adek lagi ngapai? "adek lagi cukuran kayak abi" jawabnya. anak kembar kami suka meniru kembarannya misalnya si adek lagi meniru gaya upin maka si abang juga melakukan hal yang sama.

 tetapi tetap saja mendidik anak itu gak segampang teori yang kita baca, kalau mereka lagi bertengkar, aku kadang geram dan suka nyubit mereka, alhasil mereka juga suka nyubit kalau lagi marah.aduh-aduh harus latihan sabar..sabar..dan sabar..gak mau ah anakku suka nyubit.

mereka juga suka meniru gaya bernad bear dan  ipin upin. kami benar-benar harus selektif memilih tontonan yang gak ada adegan kekerasan dan kata-kata makian, solusinya kami pilih nonton pake laptop dan kami juga gak ada tv di rumah, kata abi kalau ada tv komunikasi antar anggota keluarga gak jalan masing-masing sibuk dengan pikirannya sendiri.

anak-anak bagaikan kertas putih kitalah yang menorehkan tinta-tinta di atasnya, terserah tinta apa yang kita torehkan, mau tinta emas atau tinta parker, lagi-lagi orang tua yang punya peran. semoga kita bisa menjadi orang tua yang lebih baik dari hari ke hari.

Tidak ada komentar: